Panthera leo spelaea

Panthera leo spelaea juga dikenal sebagai Europan Cave Lion (Singa Gua Eropa) atau Eurasian Cave Lion (Singa Gua Eurasian), adalah subspesies singa yang telah punah, diketahui dari fosil dan banyak contoh seni prasejarah.

Family:          Felidae
Genus:           Panthera
Species:        Panthera leo
Subspecies: †Panthera leo spelaea, Goldfuss, 1810






Singa Gua Eropa ini dari struktur tulang relatif dekat dengan Singa Afrika. Namun sedikit lebih besar, berdiri sekitar 1,5 meter pada bahu. Mungkin ukurannya lebih besar dari Bison Eropa yang berkeliaran di padang rumput Eropa dan Asia. Diyakini bahwa Singa Gua Eropa selamat sampai sekitar 10 000 tahun yang lalu dan punah karena perubahan habitat. Fosil ditemukan di seluruh Eropa dan fitur dalam lukisan dalam gua Paleolitik serta ukiran dan angka dari tanah liat.

Subspesies ini adalah salah satu singa terbesar. Kerangka jantan dewasa, ditemukan pada tahun 1985 dekat Siegsdorf (Jerman), kepala + badan sepanjang 2,1 m tanpa ekor. Mirip dengan ukuran singa modern yang sangat besar. Kemungkinan lebih besar sekitar 8% -10% daripada Singa Modern dan lebih kecil daripada Singa Gua (Panthera leo fossilis) atau Singa Amerika (Panthera atrox). Panthera leo spelaea ini dikenal dari gua Paleolitik terdapat lukisan, ukuiran gading, dan patung-patung tanah liat. Menunjukkan bahwa Singa Gua Eropa ini, telinga menonjol, ekor berumbai, mungkin samar-seperti garis-garis Harimau, dan bahwa setidaknya beberapa memiliki "ruff" atau surai primitif di leher. Artefak arkeologi lain menunjukkan bahwa Singa Gua Eropa tampil dalam ritual keagamaan zaman Paleolitik.

Singa Gua Eropa (Panthera leo spelea) berasal dari Panthera leo fossilis sebelumnya, yang pertama kali muncul di Eropa sekitar 700.000 tahun yang lalu. Singa Gua Eropa sendiri hidup pada 370.000 sampai 10.000 tahun yang lalu, pada masa Pleistocene. Perkiraan punah sekitar 12.500 -14.000 tahun yang lalu, selama Wurm Glaciation, meskipun ada indikasi kemungkinan masih ada pada zaman sejarah di Eropa Tenggara, baru-baru ini pada 2.000 tahun yang lalu di Balkan.
Singa Gua Eropa tersebar di beberapa bagian Eropa dan Asia, dari Inggris, Jerman dan Spanyol (Arduini & Teruzzi, 1993), melalui Selat Bering dan dari Siberia sampai ke Turkistan.


diolah dari berbagai sumber:
- planet.uwc.ac.za
- en.wikipedia.org

2 comments:

  1. sekilas ky singa betina atw puma di benua amrik yach!

    ReplyDelete
  2. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    ReplyDelete

 

Blog stat