Panthera gombaszoegensis

Jaguar Eropa (Panthera (onca) gombaszoegensis) atau Paleo Jaguar, hidup sekitar 1,6 juta tahun yang lalu, merupakan awal dikenalnya species Panthera dari Eropa. Fosilnya pertama kali ditemukan dari situs Olivola di Italia dan di bawah sinonim dari daerah Panthera toscana, Panthera Italia lainnya. Kemudian spesimen lain ditemukan di Inggris, Jerman, Spanyol, Perancis, dan Belanda. Jaguar Eropa ini kadang-kadang diakui sebagai subspesies dari Panthera onca.

Jaguar Eropa lebih besar daripada yang ditemukan di Amerika Selatan, dan karena itu species ini mampu menjatuhkan mangsa yang lebih besar.

Panthera gombaszoegensis

Klasifikasi:
Ordo:      Carnivora
Family:    Felidae
Genus:     Panthera
Species:   Panthera gombaszoegensis, Kretzoi,, 1938

Jaguar Eropa mungkin hewan yang soliter dan memiliki kebiasaan mirip dengan Jaguar Modern.

Species yang mirip dengan Panthera gombaszoegensis telah ditemukan di Afrika Timur berasal dari awal Pleistosen, yang memiliki kedua karakter seperti Singa dan Harimau.

Jaguar Eropa adalah hewan besar dan kuat, jauh lebih besar dari jaguar yang ditemukan di daerah Pantanal dan kira-kira ukurannya sama dengan raksasa Panthera onca Augusta zaman es di Amerika Utara (Turner, 1997). Memiliki kebiasaan mirip dengan Jaguar Modern.



diolah dari berbagai sumber:

No comments:

Post a Comment

 

Blog stat